Senin, 20 Februari 2012

Belajar Cepat Bahasa Inggris!


Oleh: Walfajri

Bagamanakah belajar cepat bahasa Inggris? Banyak kurus bahasa Inggris di negara kita yang mempromosikan belajar cepat bahasa Inggris. Namun kenyataannya, masih banyak pula pelajar yang kursus bahasa Inggris di negara kita belum bisa berbicara bahasa Inggris karena mereka tidak tahu rahasia belajar cepat bahasa Inggris.

“Language is a means of communication” Ya, bahasa merupakan alat komunikasi. Jadi kita belajar bahasa Inggris pada hakikatnya hanya suatu usaha untuk memiliki dan mampu menggunakannya untuk berkomunikasi, mampu menyampaikan fikiran, perasaan, dan kebutuhan kita dalam bahasa Inggris.



Rahasia belajar cepat bahasa Inggris adalah menjadikannya sebagai alat komunikasi. Artinya, belajar bahasa Inggris  adalah belajar berkomunikasi dengan bahasa tersebut. Kursus-kursus bahasa Inggris  di negara kita hendaknya juga menekankan proses belajar-mengajar bahasa Inggris pada kemampuan berkomunikasi.


Coba Kamu bertanya kepada diri Kamu sendiri “ sudah berapa kata bahasa Inggris kah yang Kamu miliki selama Kamu belajar bahasa Inggris  sampai saat ini? Mungkin jawaban Kamu sebagian besar lebih dari 30 kata. Lantas kenapa Kamu tetap tidak bisa bicara dalam bahasa Inggris ? Di sinilah masalah utamanya. Kesalahan terbesar yang dimiliki oleh hampir semua orang yang belajar Bahasa Inggris yaitu “tidak menggunakannya sebagai alat komunikasi”.


Bagaimana dengan Grammar? Grammar itu bukanlah tujuan orang belajar bahasa, karena itu sangatlah tidak tepat jika Kamu ingin belajar cepat bahasa Inggris dengan tujuan menguasai Grammar. Lalu mulailah menghafal menghapal rumus-rumus Grammar ini dan itu, akhirnya malah puyeng – frustasi, dan akhir bosan belajar bahasa Inggris. Kursus-kursus bahasa Inggris  kita pada umumnya masih banyak yang grammar-oriented.


Ok, selanjutnya yang harus kita fahami dalam mengetahui rahasia belajar cepat bahasa Inggris adalah “ ..Language is a set of skills ..” bahasa adalah seperangkat keterampilan. Artinya untuk menguasai belajar cepat bahasa Inggris , anda WAJIB praktek. Kalau nggak mau praktek ya nggak akan bisa, walaupun kita sudah ikut kursus bahasa Inggris  bertahun-tahun.


Apa rumusnya agar bisa naik motor?

Apa rumusnya agar bisa berenang?


Tidak ada rumus apapun yang perlu ada hapal untuk dapat melakukan hal tersebut diatas. Yang diperlukan hanya 1 (satu) langkah sederhana yaitu “PRAKTEK”, titik ga’ pake’ koma!



Jadi apa rumusnya belajar cepat bahasa Inggris?

Rumusnya adalah 3 P: PRAKTEK… PRAKTEK… PRAKTEK



Sederhana sekali bukan? penyakitnya juga sebetulnya sederhana, yaitu:

3 M: MALES… MALES… MALES…

3 T: TAKUT SALAH… TAKUT SALAH… TAKUT SALAH…



So, rahasia belajar cepat bahasa Inggris adalah kita harus konsisten dan rajin mempraktekkan empat keterampilan bahasa: Listening, Speaking, Reading, dan Writing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar