Senin, 18 Februari 2013

Cara cepat belajar berbahasa Inggris – 10 Tips Cara cepat belajar berbahasa Inggris

By: Walfajri


Cara cepat belajar berbahasa Inggris merupakan sesuatu keinginan banyak orang. Namun kenyataannya banyak orang yang telah menghabiskan waktu bertahun-tahun belajar berbahasa Inggris tapi hasilnya kurang memuaskan. Mungkin salah satu sebabnya adalah mereka tidak tahu tips bagaimana Cara cepat belajar berbahasa Inggris.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk dapat berhasil dalam belajar berbahasa Inggris. Mulai dari yang kecil dan nampak sederhana, sampai dengan hal yang besar, berikut adalah 10 tips cara cepat belajar berbahasa Inggris yang dapat Anda coba terapkan dalam proses belajar Anda:

1. Tetapkan Tujuan
Jika Anda ingin cara cepat belajar berbahasa Inggris, Anda harus mempunyai suatu tujuan yang hendak dicapai. Jika tujuan Anda belajar berbahasa Inggris agar dapat berbicara bahasa Inggris, maka Anda sebaiknya memilih kursus bahasa Inggris yang menekankan pada kemampuan berbicara bahasa Inggris (full conversation).

2. Luangkan Waktu
Banyak di antara kita mempunyai kehidupan yang sibuk dan biasanya tidak mudah untuk menambah hal baru ke dalam rutinitas sehari-hari kita. Cara cepat belajar berbahasa Inggris membutuhkan disiplin. Anda perlu meluangkan waktu untuk belajar dan benar-benar belajar pada saat itu. Tidak masalah bila Anda sesekali menunda belajar Anda karena terlalu lelah, tetapi jangan menjadikan itu suatu kebiasaan. Jadikan Cara cepat belajar berbahasa Inggris bagian yang tak terpisahkan dari jadwal rutinitas Anda.


3. Konsentrasi. Jika Anda ingin cara cepat belajar berbahasa Inggris, Anda perlu konsentrasi. Matikan ponsel Anda, tutup pintu Anda, dan belajar. Kabar baiknya adalah bahwa Anda hanya butuh 15 menit sehari belajar berbahasa Inggris secara rutin dan disiplin. Saya yakin jika anda menerapkannya, anda akan kagum melihat kemajuan skill bahasa inggris anda dalam waktu 6 bulan ke depan.

4. Nonton Film Berbahasa Inggris
Ini adalah salah satu tip yang paling saya sukai. Menonton film adalah cara terbaik cara cepat belajar berbahasa Inggris non-formal sehari-hari dan melatih kemampuan mendengar. Anda tidak harus mengerti setiap kata di dalam film. Film-film dengan dialog singkat, diikuti dengan jeda tanpa dialog adalah yang paling ideal - karena memberikan waktu untuk menyerap bahasa tersebut. Film romantis dan drama merupakan pilihan baik.


5. Dengarkan Lagu Bahasa Inggris
Musik bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk cara cepat belajar berbahasa Inggris. Lain kali jika Anda pergi ke tempat karaoke atau bernyanyi di depan TV rumah Anda, cobalah menyanyikan satu lagu bahasa Inggris. Ini cara yang baik untuk melatih mengekspresikan diri dalam berbahasa Inggris dan meningkatkan pengertian orang terhadap apa yang Anda katakan pada mereka dalam bahasa Inggris.

6. Membaca cerita pendek atau surat kabar berbahasa Inggris
Membaca cerita pendek atau surat kabar berbahasa Inggris adalah cara terbaik untuk belajar kosa kata baru. Biasanya cerita pendek terbagi dalam beberapa bab singkat yang dapat dibaca dan dianalisa bahasanya dengan lebih mudah. Anda tidak harus mengerti setiap kata yang tertulis. Coba mengerti artinya secara umum. Garisbawahi kata-kata yang tidak mengerti dan cobalah menerka artinya berdasarkan konteksnya. Lalu gunakan kamus Anda untuk mencari dan melihat apakah Anda benar. Selain itu, surat kabar juga menyediakan informasi dan materi yang menarik untuk dibaca. Misalnya Jakarta Post. Anda dapat membaca bagian surat kabar yang Anda minati, baik Sports, Business atau bahkan Classifieds.


7. Bergabung dengan English Corner
Beberapa tempat umum seperti toko buku biasanya mempunyai English Corner. Jangan malu-malu. Bergabunglah bersama mereka. Hal ini merupakan kesempatan bertemu dengan orang-orang yang tertarik untuk cara cepat belajar berbahasa Inggris seperti Anda.

8. Manfaatkan teknologi.. Jika Anda memiliki iPod atau MP3 player lainnya, gunakanlah. Ada banyak cara memanfaatkannya. Pilih salah satu yang paling baik untuk Anda.

9. Buatlah kamus saku bahasa inggris. Ini akan membantu Anda menulis dan mengingat kosakata tersebut. Begitu banyak orang melupakan apa yang mereka pelajari. Menuliskan apa yang Anda pelajari akan membantu Anda mengingat lebih banyak dari biasanya. 3 kata-kata baru setiap sehari sudah cukup untuk membuat perbedaan besar dalam pembelajaran bahasa inggris anda.

10. Konsistenlah. Konsisten belajar berbahasa Inggris setiap hari adalah cara tercepat untuk memperbaiki skill bahasa inggris anda. Jangan belajar dengan keras hanya diawal-awal namun dikemudian hari anda tidak belajar dalam waktu yang panjang. sudah barang tentu Anda akan lupa. Semoga bermanfaat!

Baca juga artikel lainnya tentang: Tips memilih kursus online bahasa Inggris!

Silahkan anda dapatkan panduan yang lebih detail tentang Menguasai Bahasa Inggris dengan cepat dan Bergaransi 100%, Klik disini!

NB: Jika anda suka artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK anda. Cukup dengan KLIK link ini! Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar